Doa Awal Tahun

         Bagaimanakah doa awal tahun itu ? Doa awal tahun berikut dianjurkan dan dibaca sebanyak tiga kali setelah shalat maghrib yaitu pada malam tanggal satu bulan muharram. Barang siapa yang membacanya, maka setan berkata, "Anak adam ini telah beriman dan terbebas dari genggaman kekuasaanku, sedang umurnya tingal tahun ini. Allah telah menugaskan dua malaikat guna memelihara dirinya dari bisikan setan". Seperti biasanya doa ini bisa dilakukan secara berjamaah di masjid-masjid atau di mushola, seperti orang-orang yang sudah lanjut usia maka akan terasa ringan jika dilakukan secara bersama-sama. Bagi yang sudah hafal bisa dikerjakan dirumah masing-masing bersama keluarganya. Sedangkan bacaan doa akhir tahun adalah sebagai berikut :

Doa Awal Tahun

Doa akhir Tahun
Bismillaahir Rahmaanir Rahiim.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.


Washallalaahu 'alaa sayyidinaa wamaulaanaa Muhammadiw wa 'alaa aalihi washahbihii wasallam.
Dan semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kami, tuan kami Nabi Mihammad beserta keluarga dan para sahabatnya.


Allahumma antal abadiyyul qadiimul awwalu wa 'alaa fadhlikal 'azhiimi wajuudikal mu'awwali wahaadzaa'aamun jadiidun qad aqbala nas-alukal 'ishmata fiihi minasy syaitaani wajunuudihi wal 'auna 'alaa haadzihin nafsil ammaarati bis suu-i wal isytighaala bimaa yuqarrribunii ilaika zulfa yaa dzal jalaali wal ikraami, yaa arhamar raahimiin.

Serta karunia-Mu yang menjadi sumber (semuanya terjadi). Dan kini tahun baru telah tiba, pada tahun ini kami memohon kepada-Mu agar terpelihara dari godaan setan, para pendukungnya dan bala tentaranya, dan kami memohon agar terpelihara dari hawa nafsu kami yang selalu memerintahkan berbuat keburukan. Dan kami memohon semoga Engkau menjadikan diri kami kepada Engkau dengan sedekat-dekatnya, wahai Tuhan yang memiliki kebesaran dan kemuliaan, wahai Tuhan Yang Maha Penyayang diantara para penyayang.


Wahallallaahu 'alaa sayyidinaa wamulaanaa muhammadiw wa'alaa aalihii wa-ash-haabihii-wasallama, aamiin


Dan semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kami, tuan kami Nabi muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya, aamiin.


Demikianlah doa awal tahun yang dibaca pada malam tanggal satu Muharram, dimana pada tanggal dan bulan tersebut pada jaman dulu terjadilah peristiwa-peristiwa penting yang dialami oleh para Nabi dengan kejadian-kejadian yang luar biasa. Pada waktu itu Allah swt. telah menguji para nabi dengan memberikan keajaiban atas kekuasaan dan kebesarannya.

   * Anda juga bisa baca : Doa akhir tahun.

                                          : Do'a setelah sholat tahajud.

Artikel Terkait Doa Awal Tahun :

Diberdayakan oleh Blogger.