Doa untuk Keluarga.


      Bagaimanakah doa untuk keluarga itu ? Seperti yang kita ketahui bahwa berdoa adalah wajib bagi seluruh umat manusia, karena sebenarnya tiada daya kekuatan apapun kecuali mendapatkan pertolonganNya. Sehingga manusia bisa atau pantas dikatakan sombong bila dalam kehidupanya mengabaikan doa kepada Yang Maha menguasai segala-galanya. Untuk itu berdoalah atas diri anda dan keluarga supaya mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat, sedangkan doa untuk keluarga yaitu sebagai berikut :

Doa untuk Keluarga.

 
Doa untuk Keluarga.

  •  Doa untuk Ibu dan Bapak.

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Robbi auzi'alayya wa'alaa waalidayya wa an a'mala shoolihan tardhoohu wa ashlih lii fii zurriyyatii, innii tubtu ilaika wa innii minal-muslimiin.

“Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu-bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang shaleh yang Engkau ridhoi; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri” (QS Al Ahqaaf:15)

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

 Wakhfidh lahumaa janaahaz-zulli minarrohmati wa qur robbir-ham-humaa kamaa robbayaani shoghiroo.

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: Wahai Tuhanku, kasihilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku sejak kecil” (QS Al Isra’:24)

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

 Robbanaghfir lii wa liwaalidayya wa lilmu'miniina yauma yaquumul-hisaab.


“Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu-bapakku dan sekalian orang-orang mu’min pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)” (QS Ibrahim:41)

  •  Doa untuk keturunan (anak, cucu)

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء

 Robbij'alnii muqiimash-sholaati wa min zurriyyatii robbanaa wa taqobbal du'aaa


“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan sholat; ya Tuhan kami, perkenankanlah do’aku” (QS Ibrahim:40)

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِن ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

 Robbanaa waj'alnaa muslimaini laka wa min zurriyyatinaaa ummatam muslimatal laka wa arinaa manaasikanaa wa tub'alaina, innaka antat-tawwaabur-rohiim.

“Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadah haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkau Yang Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang” (QS Al-Baqarah:128 )

 رَبَّنَا وَأَدْخِلْهُمْ جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدتَّهُم وَمَن صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ إِنَّكَ أَنتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

robbanaa wa adkhil-hum jannaati'adnillatii wa'attahum wa man sholaha min aabaaa'ihim wa azwaajihim wa zurriyyaatihin, innaka antal-'aziizul-hakiim.

“ya Tuhan kami, dan masukkanlah mereka ke dalam surga Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak-bapak mereka, dan isteri-isteri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Ghafir: 8 )

  •  Doa untuk semua keluarga

 رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Robbanaa hablanaa min azwaajinaa wa zurriyyaatinaa qurrota a'yuniw waj'alaa lil-muttaqiina imaamaa.

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa” (QS Al-Furqan:74)

رَبِّ هَبْ لِي مِن لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاء

robbi hab lii mil ladungka zurriyyatan thoyyibah, innaka samii'ud-du'aaa

“Ya Tuhanku, berikanlah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar Do’a” (QS Ali ‘Imran:38 )

رَّبَّنَا إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِي لِلإِيمَانِ أَنْ آمِنُواْ بِرَبِّكُمْ فَآمَنَّا رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الأبْرَارِ

robbana annanaa sami'naa mnaadiyay yunaadii lil-iimaani an aaminuu birobbikum fa aamannaa robbana faghfir lanaa zunuubanaa wa kaffir 'annaa sayyi'aatinaa wa tawaffanaa ma'al-abroor.

“Ya Tuhan Kami, sesungguhnya kami mendegar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu): “Berimanlah kamu kepada Tuhanmu”, maka kamipun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami neserta orang-orang yang banyak berbuat baik” (QS Ali ‘Imran:193)

رَبَّنَا آمَنَّا بِمَا أَنزَلَتْ وَاتَّبَعْنَا الرَّسُولَ فَاكْتُبْنَا مَعَ الشَّاهِدِينَ

robbanaaa aamannaa bimaaa anzalta wattaba'nar-rosuula faktubnaa ma'asysyaahidin.

“ya Tuhan kami, kami telah beriman kepada apa yang telah Engkau turunkan dan telah kami ikuti rasul, karena itu masukkanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang menjadi saksi (tentang keesaan Allah)” QS Ali ‘Imran:53)

      Demikianlah doa untuk keluarga semoga Allah Swt. memberikan ampunan juga keselamatan dunia akhirat. Dan sangat penting untuk anak-anak anda supaya diajarkan agar menjadi terbiasa dalam berdoa setiap hari.  Karena ada tiga perkara yang dibawa sampai mati salah satunya adalah doa dari anak yang sholeh, Maka dari itu doa untuk keluarga sangat penting dan dianjurkan, semoga bermanfaat, wassalam.

     * Anda juga bisa baca :

Artikel Terkait Doa untuk Keluarga. :

Diberdayakan oleh Blogger.