Tips Supaya Anak Menjadi Pintar dan Sholeh

Bagaimana tips supaya anak menjadi pintar dan sholeh ? Semua orang tua pasti mendambakan agar anak-anaknya menjadi orang yang baik berbudi luhur berbakti pada kedua orang tua, agama juga nusa dan bangsa. Namun pada masa sekarang ini benyak ditemui anak-anak yang beraklak buruk mudah terpengaruh lingkungan yang tidak mendukung ditengah-tengah kemajuan zaman degan budaya lain yang bisa merusak moral anak-anak. Peran orang tua sangatlah penting disamping memberikan pendidikan setinggi-tingginya juga melakukan pengawasan yang tepat sesuai dengan karakter anak anda sehingga tidak salah langkah.

Disamping usaha secara lahiriah orang tua sangat penting untuk mendo'akan anak sejak masih dalam kandungan, yaitu sebelum bayi berumur lebih dari 100 hari lebih baik dido'kan, karena ada salah satu kitab yang menjelaskan bahwa bayi yang sudah berumur 100 hari akan mulai dihembuskan atau diberikan roh, nasib,hidup dan mati,jodoh juga rezeki. Jadi setelah semua itu sudah dikasih sama Allah swt.dan sudah tercatat di lauhul mahfuz baru dido'akan sehingga secara akal bisa dikatakan terlambat, kecuali kalau Allah merubahnya karena segala sesuatu semua atas kehendaknya.Untuk itu perlu di perhatikan salah satu tips supaya anak menjadi pintar dan sholeh yaitu ada usaha dan do'a melalui ritual kecil, ringan dan mudah dilakukan orang tua khususnya ibu yang melakukannya.

Tips Supaya Anak Menjadi Pintar dan Sholeh

 

Tips Supaya Anak Menjadi pintar dan Sholeh

 

Adapun salah satu caranya yaitu seorang ibu melakukan ritual kecil dengan membuatkan 4 warna macam  bubur disa'at hari kelahiran anaknya atau orang jawa disebut dengan weton yang jatuh setiap 36 hari sekali. Bahan-bahan yang digunakan adalah ; 
  1. Beras putih : sebagai bubur yang berwarna putih.
  2. Bubur putih yang masih dimasak dalam panci lalu dikasih gula jawa secukupnya : sebagai bubur yang berwarna merah.
  3. Bubur putih yang masih di masak lalu dikasih kunir secukupya : sebagai bubur yang berwarna kuning.
  4. Beras ketan hitam dibuat bubur : sebagai bubur yang berwarna hitam.

Tapi perlu diingat sebelum memasak keempat warna bubur putih,merah,kuning dan hitam seorang ibu sebelum menyalakan api kompor harus melakukan niat sebagai berikut " Niat insun buburake sedulure papat limo pancer kakang kawah adi ari-arine sijabang bayine anakku (sebut nama anak) mugi-mugi dados manungso pinunjul pinter lan sholeh ". Setelah itu baru menyalakan api kompor dan mulai memasak bubur empat warna. Setelah selesai keempat bubur tersebut di taruh dalam piring kecil dipisah sendiri-sendiri, berarti ada empat piring kecil yang berisi bubur lalu ditaruh diatas meja kemudian ibu membacakan surat Al-faatikhah sebanyak tiga kali atau tujuh kali, dan dilanjutkan dengan do'a terserah dengan bahasa yang di inginkan, lalu ditiupkan pada keempat piring yang berisi bubur empat warna tadi.

Demikianlah salah satu tips supaya anak Menjadi Pintar dan Sholeh, untuk itu sebagai orang tua harus memperhatikan anaknya tidak cukup dengan materi saja tapi sangat penting pengaruhnya do'a-do'a dari orang tua karena anak merupakan titipan ilahi amanah yang harus dijaga, ingat bahwa orang meninggal dunia yang bisa dibawanya yaitu ada tiga perkara salah satunya adalah anak yang sholeh yang mau mendo'akan kedua orang tuanya. Semoga usaha anda mendapatkan ridho dari Allah swt.bisa menjadikan keluarga yang sakinah, mawadah,warohmah.

   * Anda juga bisa baca : Doa supaya pikiran menjadi terang.

                                          : Do'a selamat dari marabahaya.

          

Artikel Terkait Tips Supaya Anak Menjadi Pintar dan Sholeh :

Diberdayakan oleh Blogger.