Keistimewaan Surat Yaasiin

          Apakah keistimewaan dari surat Yaasiin itu ? Keutamaan atau keistimewaan surat Yaasiin sangatlah banyak manfa’at dan kegunaannya. Rasulullah salallahualaihi wassalam telah bersabda bahwa barang siapa yang membaca surat Yaasiin pada malam jumat, maka pada esok harinya dosa-dosanya diampuni oleh Allah swt.

          Dan beliau telah bersabda pula, bahwa barang siapa yang berziarah kubur kemudian membaca surat Yaasiin, maka Allah swt. Akan meringankan siksaan-Nya terhadap ahli kubur yang diziarahinya, dan bagi pembacanya mendapatkan pahala yang sama dengan kebajikan  yang diberikan kepada ahli kubur itu. Surat Yaasiin terdiri atas 83 buah ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah yang diturunkan di Makkah sesudah surat Jin.

Keistimewaan Surat Yaasiin

 
Keistimewaan Surat Yaasiin

          Isi dari surat Yaasiin menjelasan tentang beberapa hal sebagai berikut, yaitu menerangkan masalah keimanan, gambaran tentang penghuni surga dan neraka, kisah-kisah umat pada masa Nabi Isa as, hari berbangkit, tanda-tanda kekuasaan Allah swt. Yang ada pada alam semesta dan diri manusia. Ulama jaman dulu dengan ilmu kebatinan arabnya yang mewariskan kepada para kyai, telah menjelaskan dan mengijazahkan atas kegunaan dari beberapa ayat-ayat yang ada di dalam surat Yaasiin, salah satunya yaitu ayat yang ke 8 dan ayat 9. Menurut para guru ayat tersebut bisa digunakan sebagai kuncian, yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari bila mengalami hal-hal atau permasalahan yang ada hubungannya dengan keistimewaan dan kegunaan ayat tersebut. Misalnya yaitu bila anda dimusuhi orang dan dalam keadaan terancam maka orang itu bisa dikunci hati dan pikiranya supaya bisa terdiam atau berhenti seketika sehingga atas izin Allah swt. Anda terlepas dan terhindar dari suatu ancaman orang lain yang hendak berbuat jahat.

          Adapun cara mengamalkan ayat 8 dan ayat 9 dari surat Yaasiin yaitu dengan dibaca sebagai wirid dengan jumlah yang tidak ditentukan dalam arti lebih banyak lebih baik. Akan lebih baik lagi bila dibeli dengan puasa sunah 3 hari atau 7 hari, sedangkan cara membacanya adalah pertama baca basmalah terlebih dahulu lalu dibaca ayat 8 dan langsung diteruskan dengan membaca ayat yang ke 9. Setelah selesai puasa dan dibaca sebagai wirid tiap hari, tinggal cara menggunakannya yaitu kedua ayat tadi dibaca langsung dihadapan orang yang punya niat ingin menjahati anda, dengan konsentrasi pandang dan perhatikan defas nafasnya dan disaat dia mengeluarkan udara dari nafasnya maka dengan cepat anda tarik nafas terus ditahan sambil membaca kedua ayat tadi, lalu setelah selesai dihembusakan pelan-pelan kearah orang itu. Disaat menghembuskan udara dari mulut anda, harus dilakukan dengan fokus seolah-olah udara dari anda bisa masuk kehati dan pikiran orang tersebut dan diiringi dengan niat dalam hati anda dengan tujuan mengunci apa yang akan dilakukan orang itu.

          Disamping surat Yaasiin yang biasa kita baca, ada juga surat Yaasiin fadhilah yaitu surat Yaasiin yang didalamnya ditambah shalawat dan juga ada beberapa ayat yang dibaca dengan berulang-ulang dalam jumlah yang sudah ditentukan. Yaasiin fadhilah juga sangat besar kegunaannya yaitu bila ada orang sakit keras karena guna-guna, santet,teluh dan sebagainya maka bila dibacakan Yaasiin fadhilah semua gangguan itu akan hancur berkeping-keping.

          Begitulah beberapa keistimewaan surat Yaasiin dalam kehidupan sehari-hari, dan bila kita baca dangan hati tulus ikhlas akan ada nilai ibadah yang akan mendapatkan pahala di alam akhirat nanti atas ijin Allah swt.

   * Anda juga bisa baca : Doa Selamat dari Marabahaya.

                                          : do'a akhir tahun.

 

Artikel Terkait Keistimewaan Surat Yaasiin :

Diberdayakan oleh Blogger.