Doa Akhir Tahun

Bagaimanakah do’a akhir tahun itu ? Do’a akhir tahun yaitu dianjurkan untuk dibaca sebanyak tiga kali pada akhir waktu asyar pada hari kedua puluh sembilan, atau hari ketiga puluh bulan Dzul Hijjah. Barang siapa yang membaca do’a akhir tahun pada waktu tersebut, maka setan akan berkata, “ Celakalah bagiku, dan sia-sialah segala upayaku untuk menggoda anak Adam selama satu tahun, hal itu terhapuskan olehnya hanya dalam sesaat. Karena do’a ini, diampunilah dosanya selama satu tahun’’. Do’a ini bisa dibaca secara berjama’ah di masjid atau di mushola-mushola, karena bagi yang belum hafal khususnya orang-orang yang sudah usia lanjut bisa mengikuti secara bersama-sama. Sedangkan do’a akhir tahun adalah sebagai berikut :

Doa Akhir Tahun


Doa Akhir Tahun

Bismillaahir Rahmaanir Rahiim.
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.




Washallallaahu ‘alaa sayyidinaa wamaulaanaa muhammadiw wa ‘alaa ‘aalihii washahbihii wasallam.

Dan semoga rahmat dan salam terlimpahkan kepada junjungan kami dan tuan kami yaitu Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya.





Allahumma maa ‘amiltu fii haadzihis sanati mimmaa nahaitanii ‘anhu falam atub minhu walam tardhahu walam tansahu wahalimta  ‘alayya ba’da qudratika 'alaa 'uquubatii wada'autanii ilat taubati ba'da jaraa-atii ‘alaa ma’shiyatika, fa innii astaghfiruka,faghfir lii.

Ya Allah, larangan apapun dari-Mu yang telah kulakukan pada tahun ini, sedang aku tidak bertobat darinya, dan Engkau tidak meridhainya, tidak melupakannya dan Engkau bersikap penyantun kepadaku padahal Engkau berkuasa untuk menghukumku, dan Engkau telah menyeruku untuk bertobat sesudah aku berani berbuat durhaka kepada-Mu, maka sesungguhnya sekarang aku memohon ampun kepada Engkau, ampunilah aku.




Wamaa ‘amiltu fiihaa mimmaa tardhaahu wawa’adtanii ‘alaihi bits tsawaabi fa as-alukallaahumma yaa kariimu yaa dzal jalaali wal ikraami an tataqabbalahuu minnii walaa taqtha’ raja-ii minka yaa kariim.

Dan hal-hal apapun yang Engkau ridhai yang telah kulakukan pada tahun ini, dan telah Engkau janjikan pahalanya kepadaku, maka aku memohon kepada Engkau, ya Allah, wahai Yang Maha mulia, wahai yang memiliki kebesaran dan kemuliaan, sudilah Engkau putuskan harapanku kepada-Mu wahai yang Maha mulia.




Washallallaahu ‘alaa sayyidinaa muhammadiw wa ‘alaa aalihii washahbihii wasallam.

Dan semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam-Nya kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw. Juga kepada keluarganya dan para sahabatnya.
 yang bisa anda lakukan atau yang bisa dibaca setiap setahun sekali yaitu pada akhir tahun, dan tepatnya
Begitulah do’a akhir tahun hari ketiga puluh dibulan Dzul Hijjah. Semoga Allah Swt. Mengabulkan atas semua do’a-do’a kita dan masih selalu dalam lindunga-Nya.

  * Anda juga bisa baca : Doa awal tahun.

                                         : Keistimewaan surat yaasiin.

Artikel Terkait Doa Akhir Tahun :

Diberdayakan oleh Blogger.